LPMAK Raih 4 Platinum, 1 Gold dalam ISDA AWARD 2017

Corporate Forum For Community Development (CFCD) kembali me-nyelenggarakan Indonesian SDGs Award sebagai tindak lanjut MDGs di Smesco Convention Hall Jakarta, Kamis (14/9/2017).

CFCD merupakan forum bersifat independen yang dibentuk sebagai wadah komunikasi bagi para pelaku corporate social responsibility (CSR) dan penggiat pemberdayaan masyarakat sebelum-nya sukses menyelenggarakan MDGs Awards pada 2010-2015.

Anugerah ini diberikan kepada dunia usaha dan institusi yang menjalankan best practice tercapainya SDGs di Indonesia. Sebanyak 47 perusahaan telah terdaftar sebagai peserta ISDA 2017. Ajang itu akan menominasikan 125 progam terkait dengan pencapaian 12 dari 17 tujuan SDGs.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyambut baik anugerah Indonesian SDGs Award 2017. “Pemerintah mendukung pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat yang berkontribusi nyata terhadap SDGs di Indonesia. Partisipasi ini menjadi pencapaian utama terwujudnya pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Dan diharapkan bisa menjangkau semua orang di Indonesia di masa depan,” ujarnya.

Bambang menambahkan CFCD terus mengkomunikasikan dan memberi pemahaman kepada publik atas aksi-aksi nyata Sustainable Development Goals (SDGs). Pemerintah sendiri akan mengembangkan intensif kepada pelaku SDGs dan penghargaan kepada pelaku usaha SDGs di Tanah Air.

Sementara itu, Ketua Umum CFCD Tri Harjono mengatakan program dan event ini bertujuan memberdayakan masyarakat (empowering people) dan sejalan dengan program pemerintah.

“CFCD berkiprah untuk me-ngembangkan beberapa program untuk membangun ikatan dan empowering people bersama corporate. Kami melihat program-program yang dilakukan terutama dalam CSR dan itu mengacu pada pemerintah. Kemarin kami bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, beliau melihat ini merupakan langkah yang positif dilakukan oleh CFCD untuk memacu dan memotivasi,” ujar Tri.

Dalam acara Indonesian SDGs Award, ada 16 kategori perseorang-an dari tingkat manajemen, lapangan dan pelaku mitra untuk mendapatkan penganugerahan.

Dalam malam penganugerahan tersebut, LPMAK memperoleh enam penghargaan melalui program pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan perseorangan.

Empat Program LPMAK memperoleh “Platinum” yaitu Kategori : Program Partisipasi Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil dan Melahirkan melalui Program Kesehatan Masyarakat Terintegrasi dengan Pelayanan Kesehatan Perorangan di Rumah Sakit Waa-Banti, Timika.

Kategori : Program Partisipasi Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit tidak Menular. Judul program : Klinik Terapung Terintegrasi dengan Pelayanan Kese-hatan Masyarakat di Kabupaten Mimika, Papua dan Program Kesehatan Mata di Kabupaten Mimika memperoleh Platinum.

Sementara untuk kategoriProgram Pendidikan di Semua Tingkatan melalui Program Pendidikan di Semua Tingkat juga memperoleh Platinum.

Sedangkan kategori Program Rumah Layak Huni, melalui Pembangunan Rumah Layak Huni Type 56, 100 unit memperolehGold.

Untuk Kategori Perorangan, Level Manajemen, Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang menjadi Terbaik Pertama. (*/miskan)

 


SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.lpmak.org
Facebook : lpmak
Twitter : @lpmak_
Website: lpmak.org
Peta Lokasi